Gaya Hidup

Tak Pernah Dipakai Karena Belajar dari Rumah, Begini Cara Rawat Tas Sekolah

Kamis, 07 Januari 2021 - 12:15
57.70k
Tak Pernah Dipakai Karena Belajar dari Rumah, Begini Cara Rawat Tas Sekolah Ilustrasi - Tas sekolah (FOTO: forcebeyondcapacity.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama pandemi kegiatan belajar mengajar dialihkan dari rumah. Siswa belajar secara daring tentunta tidak memerlukan tas sekolah

Namun sayang bukan jika tas sekolah yang biasanya berjenis tas ransel digantung begitu saja. Selain dapatberdebu, tas yang tak dirawat juga akan lekas rusak. 

Nah berikut cara merawat tas sekolah

1. Keluarkan semua isi tas

Pastikan semua isi tas sudah dikeluarkan. Periksa kembali kantung-kantung kecil pada tas Anda sudah tak ada barang yang tersisa. 

2. Baca label peringatan dan perawatan pada tas

Biasanya ada label peringatan untuk merawat tas. Perhatikan kembali apakah tas boleh dicuci menggunakan mesin cuci atau tidak. Boleh menggunakan air hangat atau tidak, dan peringatan lainnya. Ikuti petunjuk yang ada pada label ya, agar tas tetap awet.

3. Pakai air hangat

Pakai air hangat-hangat kuku untuk merendam tas. Pastikan seluruh bagian tas terendam dengan sempurna.

4. Deterjen yang lembut

Pilihlah deterjen yang berbahan lembut, seperti deterjen yang sudah mengandung softener sekaligus. Rendam tas selama 15 menit sebelum dicuci. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian yang sulit. Pastikan bagian dalam dan luar tas disikat dengan bersih ya.

5. Bilas tas dengan air mengalir

Bilas tas dengan air mengalir, baik bagian dalam maupun luar tas. Buka juga kantung-kantung yang ada di tas supaya tak ada kotoran yang tersisa. 

6. Keringkan 

Setelah dibilas bersih keringkan tas di bawah sinar matahari langsung. Meski pada label peringatan tas boleh dikeringkan menggunakan mesin cuci, tetap jemurtas di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. 

7. Simpan tas

Simpan tas sekolah yang sudah kering sempurna dalam lemari. Isi tas dengan sesuatu seperti robekan kertas koran atau kain bekas agar bentuknya tak berubah. Masukkan beberapa biji kapur barus untuk mencegah jamur dan ngengat. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jambi just now

Welcome to TIMES Jambi

TIMES Jambi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.