https://jambi.times.co.id/
News Commerce

Keuntungan B2B Marketplace Indonesia Untuk Usaha Kecil-kecilan

Selasa, 18 Oktober 2022 - 12:03
Keuntungan B2B Marketplace Indonesia Untuk Usaha Kecil-kecilan Ilustrasi. (FOTO: wgshub.com)

TIMES JAMBI, JAKARTAB2B Marketplace Indonesia adalah sebuah solusi ideal bagi perusahaan agar mudah melakukan perdagangan dengan perusahaan lain. ini juga memberikan kemampuan untuk mempermudah komunikasi dan transaksi dalam satu platform online.

Dengan platform dan alat digital yang mendukung fungsi B2B marketplace, pasar B2B memproses pesanan dan transaksi sepenuhnya secara online. Mereka juga menciptakan proses transaksi yang disederhanakan agar mempermudah.

Menurut Foster, pasar B2B marketplace akan mencapai $1,8 triliun pada tahun 2023.

Apakah Anda seorang penjual bisnis kecil dan menengah yang sedang membutuhkan promosi bisnis? Maka B2B marketplace memberikan peluang besar bagi pembeli dan penjual.

Ada beberapa keuntungan menjual di B2B marketplace yang bisa Anda ketahui.

Keuntungan berjualan di B2B marketplace

1.    Menjangkau audiens yang lebih luas

Perdagangan lintas kota akan menciptakan tantangan bagi Anda dalam melakukan perdagangan internasional. Anda mungkin perlu terhubung dengan berbagai mitra dagang dan logistik untuk memfasilitasi penjualan Anda. Namun, hal ini akan menghabiskan waktu dan pengeluaran.

Namun, hadirnya B2B marketplace Indonesia dapat jadi solusi. B2B marketplace seperti Blibli memiliki banyak pembeli di berbagai kota di seluruh Indonesia. Pasar ini memungkinkan Anda menjangkau pembeli di luar kota dan membantu Anda dalam memfasilitasi pengiriman antarkota.
Menjadi bagian dari pasar B2B memberikan Anda peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

2.    Bangun presensi toko

Membangun merek online adalah sebuah tantangan besar yang dialami semua pebisnis. Sebagai bagian dari B2B marketplace, Anda menghemat waktu dan uang yang Anda habiskan untuk membangun toko online Anda. Sebagian besar pasar B2B dioptimalkan oleh mesin pencari yang memberikan visibilitas lebih baik untuk produk Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah hanya membuat akun dan mengunggah produk Anda. Anda juga bisa langsung mulai berjualan. Seluruh proses ini hanya memakan waktu beberapa jam saja.

Menjadi bagian B2B Marketplace akan membantu Anda mengembangkan kehadiran Anda di pasar online dan member Anda akses ke pembeli yang berkualitas dari berbagai kota di Indonesia.

3.    Mengurangi biaya operasional

Setelah Anda menjadi bagian dari B2B marketplace, Anda dapat membuat katalog online untuk mempromosikan produk Anda. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan promosi tradisional untuk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Sebagian besar B2B marketplace memang memerlukan sedikit biaya untuk penjual yang menjadi anggota. Namun sebagian lainnya juga tidak membebankan biaya seperti program Blibli Seller Center. 

Anda bisa menghemat segala hal untuk membangun toko online Anda dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik untuk bisnis Anda.

4.    Pengaturan yang mudah

Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan B2B marketplace karena penggunaannya semudah media sosial seperti Facebook atau Instagram. Anda bisa memulainya dengan membuat akun lalu mulai menambahkan produk yang akan dijual. 

5.    Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

Pelanggan akan tertarik dengan toko yang memiliki komunikasi dengan baik. Menggunakan B2B marketplace akan membantu penjual dan pembeli dalam melakukan komunikasi atau tawar menawar akan jasa dan barang yang ditawarkan.

Mudahnya melakukan komunikasi, maka akan menarik pelanggan untuk membeli produk di toko Anda. Apalagi jika pelayanan yang diberikan ramah, maka pelanggan akan melakukan pembelian berulang di toko Anda. Bahkan jika memungkinkan, mereka akan mengajak orang lain untuk membeli di toko Anda.

6.    Menguji produk baru

Menginovasi produk baru sangat penting untuk pertumbuhan bisnis apapun. Bahkan jika produk Anda sudah luar biasa sekarang, maka mungkin di masa depan, pelanggan menginginkan produk yang lebih lagi. Jadi Anda perlu meningkatkan produk Anda terus menerus.

B2B marketplace adalah tempat yang ideal bagi Anda untuk mencoba memasarkan produk baru Anda. Anda dapat menjual produk yang baru diluncurkan atau menawarkan sampel gratis kepada pelanggan yang membeli sejumlah minimal pembelian barang. Anda juga bisa meminta pelanggan Anda membagikan umpan balik dan ulasan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk terbaru tersebut.

7.    Percaya diri dalam bersaing

Hampir tidak ada risiko jika bergabung di B2B marketplace Indonesia. Masalah setiap pemilik bisnis adalah persaingan dan Anda bermimpi selalu unggul di setiap persaingan yang ada. Jika pesaing Anda masih berjualan dengan cara tradisional, maka Anda bisa unggul dengan bergabung bersama B2B marketplace dalam mengembangkan bisnis yang Anda jalani.

8.    Proses data centric

Salah satu keuntungan utama dari B2B marketplace adalah bergantung pada data yang efektif dan faktual untuk merampingkan seluruh proses. Dengan cara ini, kesalahan dapat dihindari dan perkiraan yang tepat dapat dibuat. Dengan pendekatan berbasis data terintegrasi, Anda dapat menghitung statistic penjualan yang terperinci.

9.    Prediksi pasar

Dibandingkan dengan strategi bisnis lainnya, model bisnis B2B marketplace memiliki stabilitas pasar yang baik. Sektor B2b tumbuh secara bertahap dan dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi pasar yang kompleks. Hal ini tentunya membantu memperkuat kehadiran peluang bisnis dan mendapatkan lebih banyak klien yang potensial.

Mengevaluasi keuntungan dari B2B marketplace Indonesia sangat penting dalam menentukan jenis bisnis yang Anda inginkan. Pada akhirnya, kunci dari membangun bisnis yang sukses terdiri dari tiga hal utama, yaitu memiliki produk yang baik, proses yang baik, dan pemasaran yang baik.

B2B marketplace Indonesia yang dapat Anda gunakan adalah Blibli for Business yang memiliki 12 kategori produk utama yang didukung oleh berbagai mitra terpercaya yang menawarkan berbagai produk yang kompetitif.

Anda bisa mendaftarkan perusahaan Anda sekarang untuk mendapatkan berbagai keuntungan di atas. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jambi just now

Welcome to TIMES Jambi

TIMES Jambi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.